mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

API UNGGUN MENYALA DI PERKEMAHAN PRAMUKA ALA ISLAM

Published on Oct 28 2017 // Papua Barat

Bintuni, (MR) – Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Teluk Bintuni Jamaludin Iribaram tampil sebagai pembina upacara di perkemahan Pramuka di halaman SMA Muhammadiyah Bintuni pada Jumat malam, (27/10/2017).

Pantauan wartawan Media Rakyat, upacara yang berlangsung di malam hari tersebut berjalan dengan penuh khidmad dan bernuansa Islam, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian seragam Pramuka.

Peserta perkemahan berasal dari sekolah SD, SMP dan SMA yang dibuka oleh ketua Majelis Perguruan Muhammadiyah Bapak  Hari Tahir, Kamis (26/10), tiga hari saja hari Sabtu sudah penutupan kata salah seorang pelajar peserta upacara.

Puncak dari upacara tersebut setelah Jamaludin Iribaram menyalakan api unggun di tengah-tengah lapangan upacara dan di lanjut dengan acara menyanyikan lagu anak-anak Pramuka.

Pada kesempatan itu saat di konfirmasi, Jamaludin menjelaskan tujuan dari pembinaan pendidikan kepramukaan dan lebih khusus adalah kepramukaan di Perguruan Muhammadiyah jelas punya ciri khas sendiri Islam dan Ke-Indonesian,

” jadi tentunya bahwa ada beberapa ciri-ciri khusus yang ada pada gugus depan ini beda dengan gugus-gugus depan yang lain ”

Lanjut Jamaludin, jadi kalau sekolah-sekolah lain yang bukan bernuansa Islam, maka itu pasti beda karena ini anggaran dasar bahwa dimana ada Yayasan Islam dia boleh mempunyai gugus depan khusus Islam, maka terlihat jelas Muhammadiyah dengan perguruan yang lainnya mungkin harus beda.

Untuk itu Perguruan Muhammadiyah harus mampu membentuk generasi muda Islam yang berkualitas, yang beriman dan bertaqwa yang memiliki sains dan teknologi juga dia tidak lupa dengan membesarkan agama Allah, Sebari Jamaludin mengucapkan Kalimat Tauhid “La Ilaha Illallah”.

Kedepan para pelajar dari perguruan ini mampu menempa dirinya menjadi  penerus Nabi Muhammad SAW dan menjadi penerus perjuangan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia sebagai wujud nyata daripada generasi yang meneruskan perjuangan kemerdekaan dari generasi masa lalu dan menuju masa depan dalam ridho Allah SWT menuju masyarakat adil dan makmur. Harap Jamaludin (HS)

Leave a comment