Anambas Pulau Tropis Terindah Se Asia, Versi CNN

Anambas, (MR)

                KEPULAUAN Anambas mendapatkan peringkat pertama sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.com. Kedudukan Anambas berhasil menyalip empat pulau tropis lainnya di Asia yaitu Koh Cang dari Thailand, Langkawi dari Malaysia, Teluk Halong di Vietnam, Similand Islands yang berada di Thailand.

Penghargaan ini pun menjadi kabar baik untuk pariwisata Indonesia. Pemilihan terhadap pulau tropis terindah di Asia ini tidak dilakukan secara spontan. Tidak tangung-tanggung, CNN.com meminta langsung Herman Ho yang juga sebagai managing editor Boath Asia 2012 dan Stuart McDonald, sebagai pendiri dan editor travelfish.org.

Dari kelima pulau inilah Kepulauam Anambas menduduki peringkat pertama. Untuk peringkat selanjutnya, Anambas diikuti oleh Koh Chang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similan Islands (Thailand). Kelimanya memang memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Akan tetapi, kepulauan yang berada di Provinsi Kep. Riau ini memiliki nilai lebih dari semua keindahannya yang belum terkontaminasi oleh tangan manusia.

Seperti yang dikatakan oleh Herman Ho, bahwa kumpulan pulau yang berada di timur Laut Indonesia ini merupakan tepat wajib untuk penggemar snorkeling dan diving. Salah satunya Pulau Bawah yang tidak berpenghuni menawarkan laguna yang alami dengan biru laut yang jernih dan keindahan karang-karangnya. Bila terus masuk ke dalam pulau yang menjadi salah satu rantai Anambas ini Anda akan menemukan tempat yang seru untuk berpiknik dan menyatu dengan alam.

Ya, Kepulauan Anambas memang pantas menduduki peringkat pertama. Memiliki wilayah sekitar 98,73 persen, Anambas juga memiliki 238 pulau dengan pantai-pantainya yang sangat cantik. Pasir putih seperti kristal dan beberapa pulaunya yang terkenal sebagai habitat penyu, menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke pulau ini.

Saat dikonfirmasi, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah KKA, AUgus Raja Unggu, S.Sos, MPA mengatakan apresiasi yang diberikan CNN ini merupakan beban dan tanggungjawab moral bagi KKA, tidak hanya pemda nya saja, tapi juga masyarakatnya untuk menjaga sumber daya alam dan potensi alam kita yang dinilai luar biasa. Penghargaa yang diberikan ini b isa merupakan langkah awal kita untuk bisa lebih maju. Tidak hanya itu ini juga menjadi beban buat kita untuk tetap menjaga potensi tersebut tetap alami dan tetap terjaga keindahannya.

“Jangan serta merta setelah ktia dapat apresiasi ini kita lengah. Kita harus tetap berjuang supaya bisa lebih baik. Dari Pemda sendiri sangat konsen untuk itu, terutama dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bisa menjaga kelesatarian lingkungan dan potensi alam yang luar biasa itu,”.

Sementara itu kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KKA, Raja Ishak berharap dengan terpilihnya Pulau Bawah sebagai pulau tropis terindah di Asia dapat mempromosikan pulau tersebut ke seluruh dunia sehingga banyak menarik turis asing ke tempat tersebut. Namun, sayangnya pulau bawah belum memiliki infrastruktur penunjang pariwisata. Selain itu, pulau tersebut juga tidak berpenghuni.

KKA juga memiliki banyak pulau terindah tempat untuk melakukan wisata snorkeling dan diving. Pemkab sendiri mencatat terdapat sebanyak 16 titik tempat terbaik untuk wisata tersebut. Seperti, Pulau Ayam di Kecamatan Jemaja, Pulau Penjalin, Padang Melang, Pulau Durai dan masih banyak lagi titik-titik penyemalam yang bagus di Anambas.  >> Eichiro/ Edo

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.