mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

AKN Bombana Latih Dosen dan Pengelola

Published on Nov 28 2016 // SosEkBis

dosen-akn-bombana-saat-mengikuti-materi-pekerti-bersama-pemateri-dari-pnup-dr-bahri-se-m-si-mt-ir-zulmanwardi-m-si-ir-hastami-murdiningsih-mt-dan-ir-abdul-salam-mt
Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bombana terus menggenjot kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kampus . Baru-baru ini, Perguruan Tinggi Negeri keempat di Sultra ini, menggelar dua pelatihan secara berturut-turut, masing-masing, Pelatihan PEKERTI bagi para dosen dan Pelatihan Tracer Study bagi para pengelola.
Melalui Pelatihan Pekerti para dosen dilatih untuk mengusai tugasnya dalam hal merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di kampus.

Terkait dengan itu, selama pelatihan, dosen diberi materi dan praktek tentang kurikulum, Pembelajaran orang desawa, teori belajar dan motivasi, model-model pembelajaran inovatif, team teaching, pembelajaran di laboratorium, ragam media sederhana dan metode pmberian tugas.

Selain itu, peserta juga diberi materi tentang desain pembelajaran yang terdiri dari taksonomi tujuan pembelajran dan analisis instruksional pembelajaran, garis-garis besar program pembelajaran (GBPP), satuan acara pembelajaran (SAP), dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar, perencanaan tes hasil belajar, penulisan butir soal esai dan obyektif, pengadminstrasia, pengolahan dan penilaian hasil belajar dan micro teaching.
Sedangkan pelatihan Tracer Study digelar dalam rangka melatih pengelola AKN dalam rangka melakukan penelusuran terhadap alumni dalam kaitannya dengan dunia kerja sebagai tanggung jawab kampus dalam memperhatikan alumninya dalam masa transisi kerja.

Dengan adanya adanya Tracer Study, alumni dapat memberi masukan kepada almamaternya mengenai relevansi ilmu yang diperoleh di kampus dengan dunia kerja. Sehingga kampus dapat membuat kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja .

“Tracer Study membahas alumni dalam periode transisi memasuki dunia kerja, meninjau mengapa alumni kita tidak bekerja, apakah karena tidak punya kesempatan, tidak mau, atau pendidikannya tidak sesuai dengan dunia kerja,” kata Kepala Pusat Karir dan Tracer Study Politeknik Negeri Ujungpandang, Yuliani HR selaku pemateri pelatihan Tracer Study . Pelatihan Pekerti berlangsung selama tanggal 14-19 november 2016 diikuti 26 dosen dan Tracer Study berlangsung tanggal 22-23 November 2016 diikuti 15 pengelola. Pelatihan Pekerti dibuka Koordinator AKN Bombana, Abdul Rauf Abidin, S.Pd dan Tracer Study dibuka Koordinator PDD AKN Bombana, Andi Abdul Asis. >>HT

Leave a comment