Adpel Ternate Lakukan Antisipasi Arus Mudik

Ternate, Maluku Utara (MR)
Jelang ramadhan tahun ini Administrasi Pelabuhan ADPEL khususnya diarea pelabuhan Ahmad Yani sudah melakukan persiapan terhadap Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Kota Ternate untuk melakukan tugas dilapangan sebagai antisipasi arus mudik jelang lebaran nanti.
Selain antisipasi arus mudik penumpang khusus untuk kapal putih sesuai dengan permintaan dari PT. Pelni soal permintaan tenaga kerja, Adpel dalam hal ini menyediakan jasa tenaga kerja khusus dari organisasi TKBM sendiri yang diminta untuk melayani bongkar muat barang disaat kapal putih tersebut masuk dipelabuhan Ternate. Ditanya soal penertiban TKBM yang sering semena-mena oleh Kepala Adpel Kota Ternate M. Takwim mengatakan sebenarnya tidak ada mekanismenya, terkecuali pada saat kapal putih beroperasi dipelabuhan.
Lanjut takwim pada media rakyat“ sebenarnya penertiban TKBM itu mekanismenya tidak ada, kecuali setiap kapal putih masuk itu sudah ditentukan berdasarkan informasi permintaan dari PT. Pelni tentang kebutuhan tenaga kerja, jadi dari TKBM sendiri menyediakan lima tenaga kerja untuk melayani kapal putih pada saat itu. Buruh-buruh itulah yang mendapat persetujuan resmi dari organisasinya untuk melaksanakan tugasnya dan itu diwajibkan memakai kostum yang sudah disesuaikan oleh organisasi TKBM sendiri “.
Selain itu Adpel juga setiap aktifitas bongkar muat dipelabuhan selalu memberikan arahan-arahan terhadap semua tenaga kerja sebelum mereka melakukan tugas dilapangan, termasuk pembentukkan posko-posko yang dilakukan secara nasional untuk antisipasi dan pantauan yang merupakan rutinitas setiap tahun jelang ramadhan dan lebaran. Untuk saat ini jumlah TKBM yang ada sendiri mencapai 400 ratus lebih tenaga kerja khusus area pelabuhan Ahmad Yani. (yun)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.