300 Personil Gabungan Gelar Persiapan Operasi Ketupat.

 

Natuna(MR)- Polres Natuna Gelar Apel Pasukan Ops ketupat seligi, dalam rangka Sinergitas TNI -Polri dalam Kesiapan pengamatan Hari Raya Idup Fitiri 439 H, dilapangan Polres Natuna, Rabu (06/06/2018).

Sekitar 300 peserta,dari berbagai pleton, Gabungan PM , Provos, 1,kompi TNI AD, 1,pleton TNI AL,1, pleton TNI AU, 1 pleton Sat Sabhara dan Sat Polairud, 1pleton Gabungan Staff, 1,pleton Sat Lantas, 1,pleton gabungan Satintelkam, Sat Reskrim dan Sat Narkoba,ditambah 1 pleton Satpol PP Kab. Natuna, Dishub Kab. Natuna, Basarnas, serta Dinkes Kab. Natuna hadir pada acara itu.

Dalam apel pasukan ,Bupati Natuna Hamid Rizal, bertindak sebagai pemimpin upacara, membacakan amanat Kapolri . Beberapa ancaman, tantangan,dan hambatan , perlu diantisipasi, masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta konflik dalam kehidupan masyarakat, dalam perayaan hari Raya Idul Fitri ,seperti aksi sweeping ormas.

Untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga sembako Polri bersama Kementan, Kemendag, Kemenperin, Badan POM, KPPU dan Perum Bulog telah melaksanakan langkah-langkah preentif secara sinergi guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

Pelaksanaan Ops Ketupat Seligi 2018 dimulai sejak 08 Juni 2018 s/d 25 Juni 2018 dengan melibatkan 170.304 personil yang terdiri dari Polri, TNI dan instansi terkait dengan 1609 Pos Pam dan 643 Pos Yan.

Petakan seluruh potensi kerawanan wilayah seperti pusat perbelanjaan dan lokasi2 keramaian agar meningkatkan kewaspasdaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional dengan melakukan pengawasan dan pengamanan dengan senjata api lengkap dan terus bekerja sama dengan stakeholders lainnya,

Usai melakukan upacara, Bupati Natuna beserta Kapolres, diikuti sejumlah perwira kepolisian ,melakukan pengecekan kesiapan personil.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK,saat dikonfirmasi wartawan, mengakui jika pelaksanaan apel pasukan operasi ketupat baru pertama kali dilaksanakan selama Ia menjabat di Natuna.

Dari hasil informasi Kapolres sebelumnya, Natuna tergolong aman.meski demikian, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan rutin, bagi masyarakat yang baru datang.Selain itu dilaksanakannya razia secara berkala disetiap tempat. Ini berguna untuk mengantisipasi agar Natuna aman dari serangan teror. Jumlah personil polres Natuna yang Kita libatkan sebanyak 80 orang.Sisanya dari TNI, dan satuan lainnya.

Masalah, petasan, Kita juga tidak izinkan.Jika ada menjual dianggap ilegal.Kecuali kembang api. Sebab petasan bisa mengganggu kenyamanan orang.

Hadir dalam giat itu, Danlanud Raden Sadjad Natuna Kolonel Pnb Prasetia Halim, Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Yusuf Rizal, S.Sos, Danlanal Natuna Letkol Laut (P)Harry Setyawan, SE, Sekda Kab. Natuna Bpk. Wan Siswandi, S.Sos, Kasatpol PP Natuna Bpk Dodi Nuyadi serta FKPD, SKPD dan PJU Polres Natuna./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.