2400 Warga Kuningan Telah Mendapatkan Sambungan Baru melalui Program MBR 2016

kabid-pelayanan-umum-pdam-kuningan-anto-riantoKuningan, (MR)
Program percepatan sambungan baru air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di kabupaten Kuningan tahun 2016 telah selesai direalisasikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtakamuning. Pada proses verifikasi bagi calon penerima program tercatat 2.000 warga telah mendapatkan hibah dari APBN dari 2400 peserta yang daftar. Sementara sisanya yaitu 400 warga yang memenuhi kriteria MBR tetap diberikan pelayanan yang sama.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan PDAM Tirtakamuning Kuningan, Anto Rianto saat ditemui Media rakyat di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa untuk 400 pendaftar yang tidak mendapat hibah dari APBN tetap mendapatkan pelayanan yang sama dimana sumber dananya adalah dari pendapatan PDAM. Sehingga di tahun 2016 dapat dipastikan 2400 warga telah mendapatkan pelayanan pemasangan sambungan air minum secara gratis. Yang tersebar dibeberapa kecamatan kabupaten Kuningan

Dijelaskan Anto, Program sambungan baru pelanggan PDAM bagi masyarakat berpenghasilan rendah ini merupakan salah satu program hibah air minum dari APBN tahun 2016 melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Ini merupakan salah satu program yang sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan sanitasi air bersih” Ujarnya.

Karena dengan program ini, masyarakat yang dulunya keberatan dengan tarif atau harga pemasangan baru, maka sekarang dapat menikmati pemasangan secara gratis dari pemerintah. Di sisi lain juga dengan adanya program ini sangat menguntungkan bagi PDAM Tirtakamuning sendiri karena bisa menambah jumlah pelanggan.

Sesuai dengan namanya Program bagi Masyarakat Berpenghasila Rendah, maka program ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat kecil. Kriterianya yakni mereka yang memakai listrik dengan daya dibawah 1.300 Watt. Dan hanya pemerintah pusatlah yang menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan setelah dilakukan survey terlebih dahulu. Sementara pihak PDAM hanya sebatas mengajukan peserta yang daftar.

Masih menurut Anto, sistem bantuan ini bisa turun setelah pekerjaan pemasangan sudah selesai semua, artinya pihak PDAM harus memakai dana talangan terlebih dahulu. Namun demikian dengan terealisasinya pelanngan baru, berarti pula jumlah pelanggan PDAM mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Namun meski jumlah pelanggan mengalami kenaikan PDAM Tirtakamuning siap untuk terus mengedepankan pelayanan. Setiap pelanggan akan medapatkan aliran air bersih dengan cukup. >>Irwan

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.