2019 Desa Dungus Memprioritaskan Pembangunan Fisik Untuk Kesejahteraan Warga

Kediri, (MR)
PEMDES Dungus, Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, sesuai yang dipaparkan Gunawan selaku Kepala Desa, saat ditemui wartawan Media Rakyat di tempat kerjanya, saat ini desanya memiliki penduduk yang tersebar di 7 dusun yang berdampingan secara kondusif dan damai.
Ada beberapa item rencana pembangunan fisik yang menjadi skala prioritas Pemerintah desa Dungus dalam APBDes 2019 ini yaitu, Sumur Bor ada beberapa titik di dusun, ada rabat beton/rabat jalan dengan panjang yang sudah disepakati, saluran air untuk pertanian masyarakat.
edangkan pemberdayaan yang tak dapat terpisahkan dari pembangunan di Desa, Pemberdayaan Lembaga, PKK, Agama,TPQ, Pelatihan-pelatihan, BPD.
Membuat Pemdes juga merencanakan adanya kegiatan pemberdayaan yang semua untuk peningkatan perekonomian warga desa,dan pemberdayaan lainya, semua menjadi prioritas untuk dibangun Pemerintah desa dari realisasi APBDes tahun ini (2019), tentunya besarnya pendanaan, juga kelebihan kekurangan akan disesuaikan dengan alokasi anggaran yang dipercayakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten nantinya.
Selanjutnya untuk realisasi APBDes tahun 2018 lalu telah dirampungkan pengerjaan dan pelaksanaannya oleh pemerintah desa Dungus secara baik, yang dipercayakan Tim Pelaksanaan Kegiatan (TPK). Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat telah selesai dilaksanakan dengan baik, dan benar sesuai kesepakatan awal, juga sesui dengan Peraturan perundang-undangan yang ada,telah pula rampung SPJ administrasinya tanpa kendala yang berarti.
Begitu pula dengan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur desa realisasi APBDes 2018 lalu, dikerjakan dengan pola padat karya tunai sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB), volume serta aturan yang ada. Kemudian Pemerintah desa Dungus, baik itu kepada masyarakat sekitar agar dapat menjaga dan sama-sama merawat, memelihara apa saja yang sudah dibangun di Desa Dungus agar nantinya dapat lebih maju dan berkembang.
Saat ini Pemdes Dungus bisa berlega hati pasalnya sudah dapat melaksanakan hajat besar yaitu pengisian perangkat Sekretaris Desa (Sekdes) dengan lancar, dan sukses, mekanisme yang diterapkan penjaringan, dan penyaringannya sistim pembukaan dan pendaftaran kepada Masyarakat, juga selalu koordinasi dengan BPD melalui peraturan perundang-undangan kepegawaian yang sudah ditentukan. >>Ags

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.